AWAS ! Demi Keamanan, Ketahuilah Hak anda sebelum menyerahkan data pribadi kepada suatu perusahaan

data pribadi

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kominfo (Permen Kominfo) No.20 Tahun 2016 mengenai Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik.

Ruang lingkup Permen Perlindungan Data Pribadi (PDP) ini mencakup perlindungan terhadap perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, penyebarluasan, dan pemusnahan data pribadi, sebagaimana yang di atur dalam pasal 2 ayat (1) Permen PDP.

Salah satu aspek penting yang tertera adalah Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memiliki datacenter di Indonesia. Dalam hal ini Pemerintah memproteksi, pertama data pribadi warga negaranya. Kedua, perusahaan penyelenggara sistem elektronik wajib menempatkan pusat data (datacenter) dan pusat pemulihan bencana (disaster recovery center) di dalam wilayah Indonesia paling lama 2 tahun setelah aturan ini berlaku.

Read More

Virtualisasi Disaster Recovery

disaster recovery

Jika perusahaan Anda masih belum memiliki strategi pemulihan bencana yang layak (DR), mungkin sudah waktunya untuk mulai memikirkan virtualisasi. Penggiringan awal dari pemakaian virtualisasi server telah meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan menurunkan biaya melalui konsolidasi. Namun, pengadopsi gelombang berikutnya menyadari bahwa virtualisasi juga dapat meningkatkan ketersediaan.

Virtualisasi mengubah perangkat fisik menjadi kumpulan kolam sumber daya yang independen terhadap aset fisik yang mereka jalankan. Dengan virtualisasi server, sistem operasi decoupling, aplikasi dan data dari aset fisik tertentu menghilangkan masalah ekonomi dan operasional silo infrastruktur salah satu bahan utama untuk pemulihan bencana yang terjangkau.
Virtualisasi penyimpanan mengambil manfaat yang sama dan memperluasnya dari server ke domain penyimpanan yang mendasarinya, membawa organisasi TI selangkah lebih dekat ke infrastruktur virtualisasi TI yang ideal. Dengan memanfaatkan kekuatan virtualisasi, baik di tingkat server maupun storage, organisasi IT bisa menjadi lebih gesit dalam pemulihan bencana.

Read More

Protecting Your Mission-Critical Application Against Downtime Seminar

disaster recovery

Seperti kita tahu downtime merupakan hal yang sangat dihindari oleh para pelaku bisnis. Bagaimana kita bisa meminimalisir resiko tersebut dengan menggunakan Disaster Recovery as a Service (DRaaS) ?

Datacomm Cloud Business bekerjasama dengan HPE mengadakan sebuah event yang mengupas tuntas mengenai bagaimana menjaga aplikasi bisnis dari downtime dengan menggunakan Disaster Recovery yang berbasis Cloud.

Seminar dengan judul “Protecting Your Mission-Critical Application Against Downtime” ini bertujuan agar para pelaku bisnis bisa lebih memahami pentingnya Disaster Recovery untuk menjaga kelangsungan bisnis mereka.

Read More

Seminar A Long-Awaited Cloud Solution for Insurance and Finance Service Industry

a long awaited cloud solution

A Long Awaited Cloud Solution –  Kamis, 8 Februari 2018, Seiring dengan maraknya perkembangan bisnis Finansial dan Insurance, maka pemanfaatan teknologi khususnya cloud dinilai menjadi salah satu kunci bertahan suatu industri di era modernisasi saat ini.

Hal tersebut lah yang melatarbelakangi Datacomm Cloud Business untuk mengadakan seminar dengan tajuk “A Long-Awaited Cloud Solution for Insurance & Financial Service Industry”. Bertempat di kantor Microsoft Indonesia yang berada di Kawasan SCBD Jakarta, acara seminar ternyata mendapat respon yang luar biasa dari audiens, hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang datang untuk hadir walaupun cuaca hujan deras dari pagi mengguyur Jakarta dan sekitarnya.

Read More

Solution Day : Cloud Applications

foto-to-upload05

Cloud Application – Kamis, 23 November 2017, Datacomm Cloud Business kembali mengadakan event yang kali ini bertajuk Solution Day : Cloud Applications. Event kali ini bertujuan untuk memberikan solusi berbasis cloud bagi perusahaan.

Di kesempatan ini, ada 4 pembicara yang memberikan materi, diantaranya  Bapak Frannata Suryanto selaku Country Manager Software Defined and Cloud Group, Hewlett Packard Enterprise; Franciscus Chandra Pawitra, Associate Director of Telecom and New Business Acquisition, Jatis Mobile; Chandra Fung Tjiarakusuma, CEO, Fungsitama Cipta Teknologi; Ricky Halim, Country Manager, Hashmicro.

Read More

UPTIME VS TIA 942

datacenter

Uptime Institute ( UTI ) dan TIA adalah dua institusi internasional yang membuat standardisasi disain dan kualitas insfrastruktur Datacenter yang menjadi acuan dunia. Banyak perdebatan dan diskusi diantara operator dan pemilik datacentre dalam memilih standard dan sertifikasi dari kedua institusi tersebut. Artikel ini disadur untuk meringkas tulisan Edward Van Leent, Founder dan CEO dari EPI, sebuah perusahaan training dan sertifikasi bidang keahlian Datacenter dan anggota komite ANSI/TIA-942, yang di publikasikan di laman Linkedin.com.

Read More

Nonton Bareng Sebagai Puncak Perayaan Anniversary DCB ke-2

nobar 05

Rabu, 25 Oktober 2017 Sebagai penutup sekaligus puncak rangkaian Anniversary Datacomm Cloud Business yang ke-2, diadakan Nonton Bareng premier film Thor : Ragnarok di XXI Lotte Avenue. Nobar yang diikuti oleh 2 Yayasan Sosial yaitu, Yayasan Istaqim dan Yayasan Sahabat Anak, serta Karyawan PT Datacomm Diangraha berjalan dengan lancar.

nobar 01  nobar 02

post_img_3663  post_img_3682

Bapak Sutedjo Tjahjadi sebagai Managing Director Datacomm Cloud Business memberikan sambutan singkat dihadapan anak-anak peserta Nobar. Hadir juga Bapak Hermen Rudolph, Government Sales Director PT Datacomm Diangraha.

Read More