Batch II Workshop “Creating Microservices Application With IBM Cloud Private (ICP)”

icp workshop

Setelah pelaksanaan workshop “Creating Microservices Application With IBM Cloud Private (ICP)” pada tanggal 7 Agustus 2019 lalu, banyak input dan masukan untuk mengadakan kembali workshop bagi peserta yang berhalangan datang di tanggal tersebut. Berdasarkan hal itu, maka kami mengadakan kembali workshop dengan tema yang sama batch II dengan melakukan dua sesi, sesi 1 untuk para peserta baru (Basic) dan sesi 2 untuk peserta lanjutan (Advance) pada tanggal 21 Agustus 2019.

Jaric Sng, IBM Cloud and Cognitive Software (ASEAN) Technology Architect, IBM Hybrid Cloud Software kembali menjadi narasumber untuk kedua sesi dibantu oleh Bapak Adam Nugraha. Pukul 09.00 WIB, sesi 1 (Basic) dimulai, sebelumnya para peserta diminta untuk menginstall Docker, membuat akun GitHub atau GitLab untuk memudahkan peserta dalam menarik materi dari workshop pasca acara.

ibm icp  container

Materi sesi 1 merupakan pengulangan materi di batch I, yang meliputi tata cara membuat suatu aplikasi microservices secara runut mulai dari awal, dimulai dari pendahuluan tentang apa itu container, fitur diatas Kubernetes, dan praktek. Peserta mempraktekan secara langsung bagaimana membangun image dari “nodejs application” sampai push image ke Datacomm CaaS dan run image di Datacomm CaaS.

Acara yang dibuka oleh Hendry Rusli, selaku perwakilan dari tim produk DCB, sekaligus memaparkan Container as a Service dari Datacomm Cloud Business, dilanjutkan materi inti dan hands-on oleh Jaric Sng dari IBM.

microservices application  microservices application

Sesi 1 selesai pada pukul 12.30 yang dilanjutkan dengan makan siang dan ISHOMA, setelahnya pada pukul 13.30 dilanjutkan sesi 2 (Advance) di tempat yang sama. Sesi 2, lebih mengedepankan pemaparan tentang “Helm Charts” yang berfungsi untuk manage aplikasi Kubernetes, dimana sebuah “Charts” merupakan kumpulan file yang menjelaskan resource Kubernetes yang saling berhubungan.

ibm  microservices application

Sesi Advance ditutup pada pukul 16.00 WIB, dengan kesimpulan dari tim IBM dan Datacomm. Diharapkan dari workshop batch I & II ini, para peserta mampu mengaplikasikan apa yang sudah dipelajarinya.

Datacomm Cloud Business terus berupaya memberikan layanan terupdate yang berkualitas untuk kebutuhan perusahaan Anda, salah satunya dengan mengembangkan teknologi Container. Jika Anda memerlukan layanan Microservices bisa hubungi kami via WA dengan tautan berikut ini : http://wa.me/087700082888

Tim kami dengan senanga hati membantu Anda dalam mengadopsi microservices di perusahaan Anda

Berikut adalah materi yang dibawakan di acara Workshop ICP Batch II :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*