Lima Hal yang Membuat Cloud Computing Dapat Merubah Bisnis Anda

cloud2

Di era yang serba digital dan cepat ini, dunia IT berubah dengan drastis, kebanyakan perusahaan pada saat ini tidak perlu memikirkan CAPEX untuk investasi perangkat keras baik server, storage, network dll. Trendnya adalah perusahaan hanya memikiran OPEX perbulan dari perangkat atau device yang mereka pergunakan karena hal ini sesuai dengan konsep Cloud Computing yang sedang bergeming.

Saat ini cloud computing menjadi salah satu roda penggerak dalam perubahan didunia IT ini. Perubahan ini tidak hanya terjadi di level provider tetapi sampai dengan end-user customer.

Tidak mudah memang merubah mindset yang selama ini terjadi, dimana perusahaan kebanyakan masih menggunakan on premise server, yaitu manage service semua dikerjakan oleh divisi IT mereka. Hal ini tidak terlepas dari beberapa khawatiran dalam menerapkan cloud yaitu : kemanan data, Risk of locked-in to cloud platform, kehilangan kontrol di cloud bahkan sampai pada bagaimana melakukan migrasi ke cloud.

Diluar itu semua cloud juga memberikan potensi yang luar biasa untuk pemanfaatannya seperti skalabilitas, fleksibelnya tersedia infrastrutur, lebih mudahnya jika terjadi perubahan maintenance ataupun upgrade (patch, OS, hypervisor ver., dll).

Dari beberapa fakta yang telah disebutkan diatas, ada lima hal yang membuat cloud computing dapat merubah business anda? Apakah saja itu simak ulasan berikut.

  1. Cloud Computing akan membuat bisnis semakin inovatif, dapat membuat produk yang sebelumnya terlihat tidak bisa menjadi lebih mudah. Keterbatasan yang biasa muncul dari storage, prosesor, availability, konektivitas dll tidak akan terjadi di cloud computing, hal ini dikarenakan keterbatasan tersebut menjadi kelebihan yang dirasakan pengguna saat menggunakan cloud.
  2. Kebanyakan solusi yang diberikan cloud computing akan mengurangi pekerjaan dari IT departemen. Hal ini dikarenakan user akan semakin self-service terhadap teknologi yang digunakan.
  3. Terkait bermunculan cloud provider yang sebagian besar akan langsung head to head dengan SOA ( service-oriented-arsitektur), SOA sendiri termasuk aplikasi kelas berat dengan adanya Cloud Computing makan SOA akan bertransformasi menjadi berbasis WEB dan dengan konsep Cloud yang dapat mematahkan  model bisnis dari SOA tersebut.
  4. Dengan sedikit hambatan teknis yang biasa terjadi jika masih menerapkan tradisional IT,  Cloud akan menciptakan bisnis baru dengan pendekatan model bisnis yang baru juga
  5. Tidak menggunakan Cloud saat ini bukan berarti langsung membuat kemunduran dalam perusahaan tersebut, tetapi mereka akan bersaing bisnis modern dimana pesaing-pesaing mereka menggunakan cara agar bisnisnya tetap melaju dengan cepat tanpa harus pusing service IT, Karena semua berjalan di Cloud.

Informasi lebih lanjut mengenai Public Cloud Services Datacomm Cloud Business bisa didapatkan dengan menghubungi sales representative kami atau melalui cloudciti@datacomm.co.id

Kunjungi website kami disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*