Dampak Negatif dari Penggunaan Email Gratis untuk Perusahaan Anda

email

Komunikasi adalah hal yang paling sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga di dalam bisnis, komunikasi merupakan sumber kehidupan di dalam bisnis itu sendiri. Mulai dari perencanaan usaha, produksi hingga ke tahap marketing dan selling semuanya memerlukan komunikasi yang baik dan efektif. Salah satu faktor keberhasilan komunikasi bisnis adalah penggunaan media elektronik seperti email, telepon, fax yang terafiliasi dengan perusahaan. Dengan menggunakan media tersebut diharapkan dapat membangun kepercayaan customer dengan perusahaan dan juga kepercayaan sesama partner bisnis.

Di era teknologi yang sedang berkembang ini, banyak perusahaan yang mulai beralih ke penggunaan email sebagai media komunikasi mereka dengan customer ataupun partner bisnis di perusahaan tersebut. Bila dilihat dari segi ekonomis, email hanya membutuhkan biaya operasional dan komunikasi yang jauh lebih murah.

Selain itu kecepatan dalam pengiriman pesan menjadikan e-mail sebagai media yang paling banyak digunakan perusahaan di dalam bisnis. Terlebih tersedianya email gratis yang ada dan mudahnya registrasi dalam membuat e-mail, menjadikan banyak pihak memilih menggunakan email gratis sebagai sarana untuk membangun komunikasi bisnis di dalam usaha mereka. Namun, jangan berpuas hati dulu jika Anda masih menggunakan email gratis untuk bisnis Anda. Dampak negatif yang mungkin secara tidak langsung Anda sadari, akan kami bahas dalam artikel ini.

email

Apakah Anda sadar pada saat registrasi email gratis, saat itu pula Anda bersedia untuk membagikan informasi anda untuk pihak ketiga? Mungkin terlihat sepele, namun hal tersebut dapat merugikan Anda jika bisnis yang Anda jalankan bersifat rahasia atau hanya untuk kalangan internal perusahaan Anda.

Salah satu penyedia email gratis, Google, memberikan izin pada Developer untuk mengakses data para pengguna Gmail. (Sumber: http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/ObzdeElK-google-izinkan-developer-akses-data-pengguna-gmail). Sebagai contoh, ketika Anda melakukan login di suatu aplikasi atau website menggunakan account Gmail sebagai akses pada aplikasi atau website tersebut, secara tidak langsung Anda mengizinkan pihak ketiga untuk dapat mengakses data-data Anda. Dengan tersambungnya e-mail Anda dengan aplikasi atau website tersebut, data-data Anda dapat dibaca oleh pihak ketiga. Data yang dibaca seperti posisi Anda berada dimana dan pesan-pesan yang berada di dalam email Anda pun dapat dibaca. Data-data tersebut diolah dengan metode tertentu hingga menjadi sebuah informasi yang dapat dijual oleh penyedia email gratis kepada pihak lain. Bayangkan jika hal ini melibatkan email bisnis di perusahaan Anda, tentunya hal ini dapat menurunkan keunggulan kompetitif dari perusahaan Anda dikarenakan data yang harusnya menjadi “formula rahasia” Anda dapat dengan mudah diketahui dan diakses oleh orang lain.

Penggunaan e-mail gratis juga dapat membuat kerugian yang lebih besar seperti phising. Tentu Anda tidak mau jika peretas atau hacker memalsukan identitas menyerupai nama perusahaan Anda kemudian mengambil informasi “sensitif” dari perusahaan Anda setelah itu melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab yang nantinya berdampak pada kepercayaan konsumen dan nama baik perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu untuk berpikir dua kali dalam mengambil keputusan menggunakan e-mail gratis sebagai media komunikasi bisnis Anda.

Datacomm Cloud Business menyediakan solusi bagi perusahaan yang ingin menggunakan email bisnis dalam komunikasi bisnisnya. Customer tidak perlu khawatir data-data yang dikirim dan disimpan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab serta tidak perlu khawatir dari phising. Solusi tersebut adalah Cloudciti Enterprise Email Service (CEES), sebuah layanan email berbasis cloud yang dikelola oleh Datacomm Cloud Business. Dijamin ketersediaannya hingga 99.9% dengan service credit dan didukung oleh Zimbra Collaboration dan Microsoft Exchange.

Dengan menggunakan Cloudciti Enterprise Email Service, Anda dapat mengirimkan email dengan alamat nama domain perusahaan Anda (@namaperusahaan.co.id). Sehingga komunikasi bisnis menggunakan email dengan nama domain perusahaan Anda, menjadikan komunikasi bisnis Anda lebih terpercaya dan aman.

  • 7
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*