Datacomm Cloud Ungkap Kolaborasi Cloud Computing dan Consumer Electronics

Datacomm Cloud Business Ungkap Perpaduan antara Cloud Computing dengan Consumer Electronics

Jakarta (17/12) – Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business hadir sebagai pembicara di International Consumer Electronic Expo Indonesia (ICEEI) 2019 mewakili Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI). ICEEI merupakan pameran produk-produk consumer electronics dengan teknologi terkini yang berasal dari Tiongkok. Pada kesempatan tersebut, Sutedjo mengungkapkan adanya kolaborasi yang sempurna antara cloud technology dengan produk consumer electronics.

Pada materi awal, Sutedjo menjelaskan bahwa 2 karakteristik utama dari perangkat consumer electronics adalah mikroprosesor dan konektivitas dimana kedua hal tersebut merupakan hasil dari adanya revolusi teknologi sejak industri 1.0 sampai industri 4.0.  Sehingga value tidak terletak hanya pada individual system, tetapi menjadi sistem IoT yang saling terhubung. Untuk mendukung kinerja IoT, dibutuhkan sebuah sistem cloud computing yang mampu menghubungkan artficial intelligence, IoT, dan data analytics.

iceei-photo-1      iceei-photo-2

Sutedjo juga membagikan 10 prioritas nasional Indonesia dalam menyongsong perkembangan industri yang tengah berkembang dengan sangat pesat. Revolusi industri didorong oleh 4 komponen utama, yakni teknologi cloud computing, big data analytics, sosial, dan adanya mobilitas. Keempat komponen tersebut selaras dengan fokus pemerintah Indonesia pada industri 4.0, seperti Internet of Things, robotics, big data and cloud computing, human machine interface, dan advanced production method.

Acara diakhiri dengan sesi diskusi antara pemateri dengan peserta yang hadir. Dalam suasana yang cair, Sutedjo menjelaskan bagaimana sistem keamanan yang dimilikki oleh cloud computing. Sehingga tidak ada lagi kekhawatiran akan kehilangan data ataupun adanya pencurian data baik dari pihak ketiga dan/atau penyedia layanan cloud computing.

Berikut materi yang dibawakan oleh Sutedjo Tjahjadi:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*