Cloudciti Enterprise Email Service, langkah mudah mengawali adopsi layanan Cloud

cloudciti-email-image

Evaluasi terhadap infrastruktur dan ketersediaan layanan IT adalah kegiatan yang saya yakini dilakukan oleh setiap Perusahaan yang kinerjanya dipengaruhi oleh layanan-layanan IT. Hasil evaluasi tersebut, biasanya berupa persentase ketersediaan layanan dalam satu bulan. Satu persen saja layanan tidak tersedia dalam satu bulan, mengakibatkan sekitar 7 jam bisnis Perusahaan terganggu. Bila Anda menjadi orang yang bertanggungjawab atas hal itu, saya yakin dalam setiap bulan paling tidak ada satu malam Anda tidak tidur nyenyak dikarenakan jatuhnya layanan IT Anda. Salah satu Layanan IT yang mempengaruhi kinerja Perusahaan adalah layanan Email.

Pada sekitar tahun 1993, email atau electronic mail dikenal sebagai sebuah cara pengiriman pesan elektronik dari satu pengirim ke satu atau beberapa penerima melalui internet. Pada akhir tahun 1996, layanan email dilengkapi dengan fitur attachment atau pengiriman lampiran file. Layanan email kini menjadi layanan IT yang banyak dibutuhkan oleh Perusahaan. Layanan email ini menjadikan Perusahaan dapat bertukar dokumen bisnis dengan berbagai pemangku kepentingan secara cepat melalui internet. Maka, saya yakin bahwa semakin lama jatuhnya layanan email, semakin besar potensi kerugian yang dialami oleh Perusahaan.

Bagaimana meminimalkan resiko jatuhnya layanan IT Anda? Bila perusahaan Anda mempunyai infrastruktur sendiri, Anda harus melakukan tiga prinsip teknik high availability

3 prinsip teknik high availability
  1. hilangkan Single point of failure;
  2. terapkan redudansi sistem yang saling menyokong;
  3. lakukanlah pengawasan (monitoring) terhadap setiap komponen layanan IT dan segera lakukan pemeliharaan pada saat kegagalan sistem terdeteksi

Penerapan prinsip prinsip tersebut, barangkali akan menambah biaya investasi dan operasional IT Perusahaan Anda. Lalu, apakah ada solusi lain selain menerapkan prinsip-prinsip tersebut? tentu Ada, adopsi layanan Cloud.

Layanan Cloud adalah sebuah model penggunaan sumber daya suatu sistem secara bersama-sama, dapat diakses darimana saja melalui internet. Untuk mengurangi resiko jatuhnya layanan IT Anda, migrasikanlah layanan IT tersebut ke layanan Cloud. Biarkanlah penyedia layanan Cloud yang menjaga ketersediaan layanan IT Anda. Tentu saja untuk mengadopsi layanan Cloud perlu perencaan dan persiapan migrasi yang matang. Sementara itu, Anda dapat segera mengadopsi teknologi Cloud untuk layanan email perusahaan Anda. Migrasikan layanan email Anda ke layanan Cloudciti Enterprise Email Service dengan dua langkah mudah: Pertama, kirim aplikasi langganan email; Kedua, arahkan MX Record domain name Anda ke alamat Service Email Cloudciti. Mudah bukan?

Cloudciti Enterprise Email Service adalah layanan email berbasis cloud yang dikelola oleh Datacomm Cloud Business. Dijamin ketersediaannya hingga 99.9% dengan service credit dan didukung oleh Zimbra Collaboration dan Microsoft Exchange.

Zulkarnaen Arsi, Product Specialist PT Datacomm Diangraha

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*