Find IT 2019, Teknologi untuk Indonesia 4.0

find it

Dunia memasuki revolusi industri ke-4. Yang membedakan revolusi industri ini dari yang sebelumnya adalah penggunaan teknologi informasi sebagai sarana untuk membawa dunia virtual lebih dekat ke dunia fisik. Kemajuan di bidang teknologi informasi, termasuk kecerdasan buatan, menimbulkan kekhawatiran bahwa manusia dapat digantikan oleh mesin. Untuk menghadapi fenomena ini, jelas bahwa Indonesia harus menyiapkan berbagai aspek, terutama di bidang teknologi informasi.

Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu adanya wadah untuk menampung berbagai kreatifitas dalam bidang teknologi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. FIND IT! Dengan tema “Teknologi untuk Indonesia 4.0” dipersembahkan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yang dihelat pada tanggal 28 April 2019. Dengan adanya pelaksanaan FIND IT! ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja masyarakat untuk mempersiapkan Indonesia dalam menghadapi revolusi industri ke-4.

find it  find it

Datacomm Cloud Business pada kesempatan ini diundang sebagai salah satu narasumber oleh pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam acara tersebut diwakili oleh Bapak Sutedjo Tjahjadi selaku Managing Director Datacomm Cloud Business. Tema yang dibawakan adalah ‘Get To Know More About Cloud Computing Technology’ yang membahas secara runut dari mulai lahirnya Revolusi industry 1.0 sampai 4.0 dengan penjabaran faktor apa saja yang menjadi pemicu transformasi digital dewasa ini seperti Cloud Computing, Big Data Analytic, Social, dan Mobility.

Dijelaskan pula bagaimana Roadmap dari Pemerintah Indonesia berkenaan dengan transformasi digital dalam 10 prioritas nasional, salah satunya adalah membangun infrastruktur digital nasional dimana cloud computing mempunyai peranan penting. Sayangnya, adopsi IT oleh SME di Indonesia masih rendah sehingga diperlukan akselerasi untuk bisa mengejar ketertinggalannya.

sutedjo tjahjadi  UGM

find it  find it

Cloud computing menjadi solusi untuk mengejar ketertinggalan adopsi IT tersebut, dengan agilitas dan skalabilitas dari Cloud serta tidak diperlukan CAPEX yang besar karena semua bisa dilakukan secara OPEX dengan biaya yang terjangkau oleh SME. Dengan menggunakan teknologi cloud maka produktivitas bisa lebih ditingkatkan tanpa perlu lagi memikirkan operasional. Penjelasan dilanjutkan dengan cloud services model, yang memaparkan perbedaan antara on-premise, Infrastructure as a Service, Platform as a Service, dan Software as a Service. Tidak lupa informasi terkini mengenai teknologi container juga menjadi salah satu bagian dari presentasi narasumber.

Dari pemaparan tersebut  diharapkan dapat memberi wawasan lebih kepada mahasiswa serta masyarakat umum mengenai teknologi komputasi awan serta fitur-fitur yang ada di dalamnya dan hal-hal yang dapat diaplikasikan dengan menggunakan cloud-base system.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai berbagai layanan Datacomm Cloud Business, bisa diakses melalui tautan berikut : https://cloud.datacomm.co.id/home/index/id

Materi Presentasi Bapak Sutedjo Tjahjadi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*