Fintech Solution Day 2019

fintech

Seiring dengan maraknya perkembangan fintech di Indonesia, maka dibutuhkan suatu diferensiasi oleh para pelaku fintech untuk dapat bersaing dan mampu memberikan layanan terbaik bagi customernya. Dengan latar belakang tersebut, Datacomm Cloud Business pada tanggal 29 Oktober 2019 lalu mengadakan Fintech Solution Day “Differentiate Your Fintech by Adopting Disruptive Technology” yang digelar di Grha Datacomm, Jalan Kapten Tendean 18 A Jakarta.

Hadir sebagai narasumber yaitu Bapak Fernandes Lambert, COO dari Egeroo, Bapak Adam Aditya Nugraha, Cloud Technical Specialist, IBM Hybrid Cloud, Bapak Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business, serta tim dari Datacomm Cloud Business.

Seperti kita ketahui, Pemerintah lewat OJK telah menerbitkan  Peraturan OJK  nomor 77 /POJK.01/2016 Tentang layanan pinjam meminjam uang bebasis teknologi informasi, serta Peraturan OJK nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan. Yang kesemuanya dibuat untuk memberikan garis yang jelas bagi para pelaku fintech untuk menyelenggarakan bisnisnya di Indonesia.

fintech  fintech

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dibuka oleh Bapak Sutedjo Tjahjadi selaku tuan rumah, dengan memberikan overview mengenai Datacomm Cloud Business dan informasi update mengenai peluang bisnis fintech yang terus menanjak di 2019 dan akan terus berkembang dua sampai tiga kali lipat  di 2020, serta bagaimana posisi Indonesia dalam industry Fintech di dunia. Tidak lupa, Bapak Sutedjo juga menggarisbawahi peraturan OJK yang mengharuskan pelaku fintech mempunyai datacenter dan pusat bencana yang berada di wilayah Indonesia.

fintech  fintech

Materi mengenai App Modernization, Modernize Legacy System dibawakan sebagai sesi berikutnya yang dibawakan oleh Bapak Adam Aditya Nugraha dari IBM. Dalam pemaparannya dijelaskan Perusahaan menghadapi banyak tantangan ketika mereka tumbuh dalam kompleksitas – membuat tugas manajemen menjadi lebih sulit dan berat dengan risiko yang signifikan bagi organisasi jika terjadi penyimpangan manajemen dan keamanan.

Tantangan ini semakin diperkuat mana 98% perusahaan di dunia berencana untuk pindah ke beberapa cloud hybrid dalam waktu tiga tahun (studi IBM IBV) namun lebih dari 60% pelanggan yang sama menyatakan mereka tidak memiliki alat dan prosedur yang diperlukan untuk mengelola environment ini.

Pada kesempatan dijelaskan oleh bapak Adam, ceklis untuk membuat App Modernization yang sukses, langkah-langkah dalam Modernization, serta fondasi dasar dalam melakukan Modernization dengan menggunakan Containers.

fintech  fintech

Event kali ini juga dilengkapi dengan demo, salah satunya demo ICP oleh Bapak Teguh Imanto dari Datacomm, serta Datacomm DRaaS demo oleh Bapak Gilang Ginanjar.

Sesi terakhir adalah sesi mengenai teknologi Chatbot yang dibawakan oleh bapak Fernandes Lambert dari Egeroo dengan mengangkat tema “How to Increase Fintech Contact Center Productivity”. Dijelaskan solusi dengan teknologi chatbot akan membantu pelaku fintech untuk mengatasi masalah yang terjadi, diantaranya mengurangi antrian line dari customer, chat yang tidak sinkron, biaya training untuk karyawan yang mahal.

Fintech Solution Day ini diharapkan dapan membantu para pelaku fintech di Indonesia untuk bersaing secara teknologi dengan tetap mengikuti peraturan Pemerintah. Datacomm Cloud Business terus berinovasi, salah satunya dengan layanan Container as a Service dan Solusi Microservices untuk berperan serta dalam membantu Pemerintah meningkatkan perekonomian Nasional.

Berikut materi presentasi dari para Narasumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*