AWAS ! Demi Keamanan, Ketahuilah Hak anda sebelum menyerahkan data pribadi kepada suatu perusahaan

data pribadi

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kominfo (Permen Kominfo) No.20 Tahun 2016 mengenai Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik.

Ruang lingkup Permen Perlindungan Data Pribadi (PDP) ini mencakup perlindungan terhadap perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, penyebarluasan, dan pemusnahan data pribadi, sebagaimana yang di atur dalam pasal 2 ayat (1) Permen PDP.

Salah satu aspek penting yang tertera adalah Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memiliki datacenter di Indonesia. Dalam hal ini Pemerintah memproteksi, pertama data pribadi warga negaranya. Kedua, perusahaan penyelenggara sistem elektronik wajib menempatkan pusat data (datacenter) dan pusat pemulihan bencana (disaster recovery center) di dalam wilayah Indonesia paling lama 2 tahun setelah aturan ini berlaku.

Penempatan datacenter di Indonesia ini bertujuan untuk melindungi data pribadi warga negara Indonesia agar tidak bocor ke luar negeri. Pemerintah memberikan opsi membangun baru atau juga sewa ‘storage’ yang ada di Indonesia. selain itu, penempatan pusat data di Indonesia akan memberikan jaminan bila penyelenggara sistem elektronik tak beroperasi lagi, data pribadi kita semua tetap tersimpan tetap aman.

Peraturan ini juga dibuat supaya memudahkan bagi para penegak hukum apabila terjadi suatu masalah, karena apabila data tersebut berada di luar negeri, pihak penegak hukum akan lebih sulit untuk mendapatkan data yang dimaksud.

Apalagi kominfo telah mengidentifikasi delapan sektor strategis yang datanya harus tersimpan di Indonesia. Kedelapan sektor strategis dikategorikan berdasarkan sifatnya yang sangat penting dan tidak boleh memiliki potensi kebocoran adalah Pemerintahan, Ketahanan, Keuangan, Kesehatan, ESDM, Transportasi, TIK, dan Ketahanan Pangan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai PermenKominfo no 20 tahun 2016 bisa diakses di slide presentasi kami dibawah ini

 

  • 6
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*