Kemana Harus Membackup Data Anda – Local atau Cloud ?

 

Banner email [cloudciti]-06-01-01

Data merupakan jantung kehidupan perusahaan Anda. Anda sebagai administrator sistem IT tentunya mengetahui hal ini dengan baik melalui serangkaian uji coba ataupun permasalahan sehari-hari dalam sistem IT Anda. Anda juga pastinya mengetahui bagaimana penderitaan dan sulitnya membuat sistem kembali up dan running ketika sistem tersebut down, crash, atau corrupt. Karena hal inilah Anda menyadari bahwa membackup semua yang Anda manage merupakan hal yang sangat penting – dan mungkin saja, Anda baru menyadarinya ketika sudah kejadian.

Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Pertama, Anda harus memilih solusi backup yang complete dan dapat diandalkan, lalu jalankan di environment Anda. Namun, ketika sampai pada pengaturan policy backup Anda akan dihadapi dengan pertanyaan sederhana: “Kemana Anda ingin membackup data Anda?”

Umumnya software backup memiliki beberapa pilihan – disk, network, cloud, tape – tetapi mana yang terbaik? Hal ini bisa menjadi rumit karena tidak ada  yang benar-benar mutlak sebagai pilihan terbaik. Sebagai contoh :

  • Disk memberikan akses yang cepat, namun terletak di server yang sama, sehingga disk tidak akan memberikan Anda perlindingan jika servernya fail.
  • Local network storage melindungi Anda dari server failure, namun bagaimana jika terjadi banjir, kebakaran, atau bencana lain yang merusak keseluruhan data center Anda?
  • Tape dapat disimpan offsite untuk berjaga saat terjadi bencana, namun tape lambat, sangat tidak praktis, dan sulit untuk di-manage.
  • Cloud dapat menjadi solusi terbaik – meskipun kecepatan internet perusahaan Anda juga memiliki peran disini.

Pendekatan terbaik untuk melindungi data penting perusahaan Anda adalah dengan menggunakan kombinasi storage device. Kami menyebutnya dengan 3-2-1 rule of backup

  1. Simpan data Anda di 3 lokasi – production, local backup, offsite backup.
  2. Backup data Anda ke 2 tipe media – disk dan cloud adalah pilihan popular.
  3. Simpan 1 copy data Anda ke offsite – menggunakan cloud backup atau tape.

Dengan 3-2-1 rule of backup, Anda dapat mengembalikan data dan sistem Anda secara cepat melalui storage on-premise, serta dapat memulihkan keseluruhan sistem dari data off-site saat terjadi major issue, power outage, atau bencana di data center Anda.

Pendekatan ini juga menolong Anda dalam menentukan strategi backup dengan lebih cepat, dan memberikan lebih banyak pilihan kepada perusahaan dalam hal keberlangsungan operasional bisnis apa pun yang terjadi kepada sistem Anda.

Stay safe and and keep your data protected with the 3-2-1 rule of backup.

Untuk mengetahui lebih jauh, Anda dapat melihat video 3-2-1 rule of backup dari Acronis, dan bagaimana hal tersebut melindungi bisnis Anda. Kunjungi service cloud backup kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi cloud backup yang kami tawarkan.

Ilmi AjiProduct Specialist PT Datacomm Diangraha

Source : http://blog.acronis.com/posts/where-back-now-locally-or-cloud

 

One Comment

    98Cathern

    I must say you have high quality posts here. Your website can go viral.
    You need initial traffic only. How to get it? Search for; Etorofer’s strategies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*