Konferensi Big Data Indonesia 2019

konferensi big data indonesia

Konferensi Big Data Indonesia 2019 merupakan  sebuah Seminar yang diadakan oleh idBigdata bekerjasama dengan Departemen Teknik Komputer – Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai bagian dari program pengembangan Big Data serta kepedulian akan penguasaan teknologi dan pemanfaatan potensi lokal bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Melalui Seminar ini diharapkan peserta mendapatkan gambaran mengenai konsep, teknologi dan penerapan Big Data, termasuk di dalamnya Data Science serta Artificial Intelligence. Pelaksanaan Konferensi Big Data Indonesia 2019 ini juga diharapkan  dapat  menunjukkan  bahwa  kompetensi  lokal  sangat  memadai  untuk penguasaan  teknologi,  implementasi  dan  pengembangan Big Data untuk kepentingan nasional.

Tema umum Konferensi Big Data Indonesia 2019 adalah “Big Data dan Artificial Intelligence : Memperkuat Inovasi Meningkatkan Daya Saing” bertempat di Bumi  Surabaya City Resort, Surabaya Jawa Timur.

konferensi big data indonesia  kbi06

Pada kesempatan ini Datacomm Cloud Business mendapatkan undangan untuk mengisi materi mengenai “Big Data in Cloud Infrastructure” dibawakan oleh Managing Director Datacomm Cloud Business, Bapak Sutedjo Tjahjadi, yang pelaksanaanya dilakukan di hari pertama sekitar pukul 14.50 waktu setempat.

Dijelaskan oleh Bapak Sutedjo mengenai perbedaan Cloud Computing dan On Premise, serta manfaat dengan penggunaan Cloud Computing di Indonesia terutama bagaimana Cloud Computing memberikan solusi bagi Big Data di Indonesia. Salah satunya adalah “Elasticity & Scalability” yang ditawarkan Cloud dalam hal kapasitas.

kbi03  kbi04

konferensi big data indonesia  konferensi big data indonesia

Konferensi ini bertujuan memberikan pemahaman konsep, teknologi, dan berbagai penerapan Big Data, Data Science dan Artificial Intelligence; selain itu diharapkan pengunjung menyadari pentingnya penguasaan teknologi Big Data di Indonesia. Ajang ini juga menjadi wadah bertemu dengan para akademisi, peneliti, professional, pengguna, penggiat, serta peminat Big Data di Indonesia untuk bertukar dan berbagi pengalaman serta hasil penelitian mengenai semua aspek big data. Yang paling penting dari ajang ini adalah untuk menentukan langkah-langkah nyata mengenai penguasaan teknologi dan pengembangan, pemanfaatan serta implementasinya untuk kemajuan bangsa.

Konferensi yang dihadiri oleh kurang lebih 400 orang ini terdiri dari berbagai macam kalangan seperti mahasiswa, dosen, dan peneliti, pemerintahan, dan praktisi industry dengan berbagai latar belakang yang beragam mulai dari universitas, Lembaga riset, berbagai bidang industry seperti misalnya telekomunikasi, perbankan, manufakturm transportasi, media, serta para pengembang dan praktisi Big Data di Indonesia.

Untuk mengetahui materi presentasi yang dibawakan oleh Bapak Sutedjo Tjahjadi, bisa diakses melalui tautan berikut :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*