Urgensi Layanan Email Berbasis Cloud Terhadap Komunikasi Bisnis

enterprise email serviceLayanan Email (electronic mail ) telah menjadi sarana komunikasi yang semakin dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Laporan statistik email tahun 2015 yang dirilis oleh Radicati dalam website www.radicati.com, menunjukkan bahwa jumlah akun email untuk koorporasi telah melebihi 1 milyar akun email atau sekitar 26% dari total akun email di seluruh dunia. Jumlah tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya.

Akun email korporasi adalah akun email yang menggunakan domain name website perusahaan seperti nama@domainperusahaan.co.id. Akun email koorporasi tersebut beroperasi di atas suatu layanan email. Agar komunikasi email bisnis terjaga, dibutuhkanservice email yang handal dan dapat menjawab dua ancaman utama dalam komunikasi email, yaitu Junk Traffic dan Internet Reputation.

Junk Traffics adalah ancaman peningkatan trafik internet yang tidak bermanfaat dalam email, seperti spam, virus dalam email, serangan DDos (distributed denial-of-service) sehingga kinerja server email terganggu.

Internet Reputation adalah ancaman buruknya reputasi internet dari server email sehingga email yang dikirimkan dari server tersebut akan dianggap sebagai spam oleh penerima, dalam kondisi lebih buruk email tersebut tidak diterima oleh penerima.

Pada umumnya perusahaan yang telah memiliki domain name dan berlangganan sebuah web hosting, dapat menggunakan email yang disediakan oleh web hosting. Tanpa biaya tambahan, layanan email tersebut dapat digunakan. Namun pada umumnya layanan email tersebut tidak dilengkapi dengan antispam dan antivirus yang mumpuni sehingga ancaman Junk Traffics dan Internet Reputation sangatlah besar.

Bagi perusahaan yang membangun dan mengoperasikan layanan email on premise, dengan membayar mahal tenaga ahli dan investasi berbagai perangkat keras, akan dapat mengurangi ancaman Junk Traffics dan Internet Reputation. Namun terdapat ancaman lain, yaitu ancaman downtime terhadap infrastruktur layanan email tersebut. Jika terjadi downtime 1% dalam sebulan, akan mengganggu komunikasi email bisnis sekitar 7 jam.

Lantas apakah ada layanan email yang aman terhadap ancaman Junk Traffics, Internet Reputation serta ancaman downtime? Ada! Cukup dengan berlangganan Cloudciti Enterprise Email Services, Anda dapat menggunakan layanan email yang dilengkapi dengan antispam, antivirus serta memiliki SLA 99,9%.

Please visit our official website for more details cloud.datacomm.co.id

Zulkarnaen ArsiProduct Specialist PT Datacomm Diangraha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*