Mengenal Apa Itu Azure Stack

hybrid cloud

Pernahkah Anda mendengar mengenai Azure Cloud? Azure Cloud adalah layanan cloud computing yang dirilis oleh Microsoft, yang juga merupakan salah satu layanan komputasi awan terbesar di dunia. Meskipun layanan ini buatan Microsoft, Azure dapat juga digunakan di peralatan Mac dari Apple dan Linux, sehingga lebih fleksibel. Layanan Azure Cloud juga memiliki banyak kelebihan lain, seperti:

  1. Dengan Azure, Anda dapat membuat, merilis, dan mengoperasikan layanan dan produk secara cepat. Azure juga memiliki fungsi skalabilitas yang dapat diterapkan ke produk Anda.
  2. Azure menyediakan layanan pembuatan dan perombakan aplikasi. Pengguna dapat mengerti mengenai kelebihan dan kekurangan produk yang sedang dikembangkan, sehingga keputusan produksi dapat dibuat dengan cepat.
  3. Azure dirancang sedemikian rupa sehingga aman dari serangan digital dengan sistem “Assume Breach” dan “Harden by Default”, sehingga insiden keamanan digital sulit terjadi dan cepat ditanggulangi.
  4. Azure memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna, seperti layanan container dan docker, serverless computing, open source platform, dan VM auto-scaling.

Akan tetapi, layanan Azure Cloud tidak tersedia secara lokal, karena data center terdekat yang menjalankan layanan Azure Cloud berada di Singapura. Ini berarti data bisnis dan transaksi Anda akan terkirim dan tersimpan di luar negeri dan tidak secara lokal. Setelah Anda menggunakan Azure Cloud, mungkin ada waktu dimana Anda ingin menanyakan status data-data Anda, atau meminta layanan support. Bila data Anda diletakkan diluar negeri, tentunya akan lebih sulit bagi Anda untuk berkomunikasi. Ditambah lagi, berhubung dengan adanya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 yang melarang data-data yang tersimpan di cloud untuk terlokasikan di luar negeri, Azure Cloud menjadi solusi cloud yang tidak ideal untuk bisnis-bisnis yang berada di Indonesia.

Untuk menanggapi kekurangan ini, Microsoft mengeluarkan layanan Azure Stack. Azure Stack merupakan layanan yang bertindak sebagai perpanjangan dari Azure Cloud, dengan cara meletakkan layanan Azure Stack di data center lokal. Selain menyediakan layanan cloud computing yang serupa dengan Azure Cloud, Azure Stack juga dapat diakses melalui vendor-vendor selain Microsoft. Karena itu, Azure Stack dapat juga digunakan di Indonesia melalui vendor penyedia layanan Azure Stack lokal seperti Datacomm Cloud Business. Dengan menggunakan layanan berbasis lokal, Anda juga dapat menikmati layanan customer support berbasis lokal juga sehingga lebih sesuai kebutuhan Anda.

Layanan Azure Stack tersedia dalam dua bentuk, yakni Infrastructure as a Service (IaaS) dan Platform as a Service (PaaS). Azure Stack dapat menyediakan fitur-fitur yang sesuai dengan kedua bentuk layanan tersebut.

Azure Stack Infrastructure as a Service

Infrastructure as a Service (IaaS) merupakan layanan yang menyediakan infrastruktur untuk menjalankan komputasi awan. Layanan IaaS termasuk perangkat hardware komputer yang ter-virtualisasi, berikut dengan jaringan internet, bandwidth, dukungan alamat IP, keseimbangan beban, jaminan online secara realtime (terus menerus koneksi ke internet) dan keamanan. Pada dasarnya, layanan IaaS serupa dengan menyewa server agar pengguna dapat menjalankan OS dan aplikasi dengan lancar. Solusi IaaS merupakan solusi yang ideal bila Anda ingin membangun infrastruktur IT sendiri di cloud, atau ingin memindahkan infrastruktur IT Anda ke cloud agar hemat pengeluaran kapital dan biaya maintenance. Dengan menggunakan Azure Stack, Anda dapat menikmati fitur-fitur seperti:

  1. VM Scale Sets: Fitur ini dapat mengelompokkan Virtual Machine (VM) yang serupa sehingga lebih mudah diatur dan diupdate. Fitur ini juga memiliki fungsi auto-scaling, sehingga tenaga komputasi akan diatur dan dialokasikan secara otomatis ke aplikasi atau instansi yang sedang aktif.
  2. Containers with Dockers: Container merupakan perangkat lunak yang mempaketkan kode komputer sehingga dapat dipindahkan dengan mudah. Dengan layanan Containers with Dockers, Anda dapat memasukkan server Windows dan Linux kedalam container sehingga dapat dipindahkan dengan mudah bila diperlukan.
  3. Key Vault: Azure Stack juga menyediakan layanan pengenkripsian kunci digital dan password sehingga tersimpan dengan aman.

Azure Stack Platform as a Service

Layanan Azure Stack juga dapat digunakan dalam bentuk Platform as a Service (PaaS), yaitu layanan yang menyediakan platform untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi. Layanan PaaS lebih sesuai untuk Anda bila Anda ingin layanan cloud untuk mendukung pembuatan aplikasi, karena infrastruktur maupun OS, middleware dan runtime sudah dikelola oleh penyedia layanan cloud. Fitur-fitur Azure Stack yang mendukung layanan PaaS diantaranya adalah:

  1. Azure App Service: Merupakan layanan pembuatan aplikasi dari Azure. Azure mendukung penggunaan .NET, .NET Core, Java, Ruby, Node.js, PHP, Python dan Docker untuk pembuatan aplikasi. Aplikasi dapat dibuat, diubah, dan di tes secara mudah dan cepat dari Azure Stack.
  2. Azure Container Service: Container merupakan perangkat lunak yang mempaketkan kode komputer sehingga dapat dipindahkan dengan mudah, dan dapat diletakkan di komputer kerja, cloud, ataupun laptop sendiri. Penggunaan container dapat mempermudah proses pembuatan produk Anda, dan juga membuat program menjadi lebih ringan. Azure Stack mendukung container dari Kubernetes, DC/OS, dan Docker Swarm.
  3. Cloud Foundry: Cloud Foundry adalah layanan platform komputasi awan bersifat open source, yang menyediakan berbagai layanan untuk mendukung pembuatan aplikasi, seperti auto-scaling, keamanan infrastruktur, dan manajemen kesehatan aplikasi.

Datacomm Azure Stack membawakan layanan Azure Cloud secara lokal, sehingga dapat memenuhi regulasi lokal. Selain memiliki keuntungan layanan cloud seperti pembayaran sesuai penggunaan, biaya OPEX tanpa perlu biaya capital, dan SLA yang tinggi, Azure Stack juga menyediakan berbagai fitur unggul untuk layanan IaaS dan PaaS. Dapatkan informasi layanan Azure Stack lebih lanjut dari halaman Datacomm Azure Stack

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*