Mengenal SAP S/4HANA dan SAP S/4HANA Cloud

sap s4hana

SAP S/4HANA adalah rangkaian bisnis ERP yang didasarkan pada basis data dalam memori SAP HANA yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan transaksi dan menganalisis data bisnis secara real-time.

SAP merilis S/4HANA pada bulan Februari 2015. S/4HANA bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan dan pengelolaan, juga membantu memecahkan masalah yang lebih kompleks dan menangani jumlah data yang jauh lebih besar daripada pendahulunya. Ini tersedia dalam on premise, cloud, dan hybrid dengan SAP sangat mendorong pelanggannya menuju opsi cloud.

Sejarah S/4HANA dan perbedaan antara HANA dan S/4HANA

SAP S/4HANA adalah kependekan dari SAP Business Suite 4 SAP HANA, yang berarti bahwa ini adalah versi keempat dari SAP Business Suite, tetapi dirancang untuk berjalan hanya pada SAP HANA. S/4HANA berasal dari SAP HANA, basis data dalam memori yang dirilis pada tahun 2011. SAP HANA memungkinkan untuk memproses data bisnis operasional dan transaksional berkapasitas besar secara real time. Pada 2013, SAP meluncurkan SAP Business Suite di HANA, sistem ERP berbasis HANA yang menyertakan modul untuk CRM, SRM, PLM dan SCM. Suite pada HANA pada dasarnya adalah front end aplikasi bisnis SAP ERP yang berjalan pada basis data di memori HANA.

SAP S/4HANA perlu memikirkan kembali konsep basis data dan menulis ulang 400 juta baris kode. Menurut SAP, perubahan itu membuat sistem ERP lebih mudah dipahami dan digunakan serta lebih cepat untuk pengembang. SAP melihat S/4HANA sebagai peluang bagi bisnis untuk menemukan kembali model bisnis dan menghasilkan pendapatan baru dengan memanfaatkan internet dari berbagai hal dan Big Data dengan menghubungkan orang, perangkat, dan jaringan bisnis.

Juga, karena S/4HANA tidak memerlukan pemrosesan batch, bisnis dapat menyederhanakan proses mereka dan mengarahkannya secara real time. Ini berarti bahwa pengguna bisnis dapat memperoleh informasi tentang data dari mana saja secara real time untuk perencanaan, pelaksanaan, prediksi dan simulasi, menurut SAP.

S/4HANA dan SAP Fiori UX

Salah satu kunci S/4HANA adalah bahwa ia menggunakan SAP Fiori UI daripada SAP GUI tradisional. SAP Fiori adalah kumpulan fungsi S/4HANA yang umum digunakan yang ditampilkan dalam tile design sederhana yang siap digunakan konsumen dan yang dapat diakses di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan perangkat seluler.

Modul S/4HANA

Salah satu komponen utama dari S/4HANA adalah SAP Finance (sebelumnya Simple Finance) yang bertujuan untuk mempersingkat proses keuangan dan memungkinkan analisis data keuangan secara real-time. SAP Finance membantu perusahaan menyesuaikan data finansial dan non-keuangan mereka ke dalam apa yang SAP sebut sebagai satu sumber kebenaran. Beberapa pengguna Business Suite menggunakan SAP Finance sebagai langkah pertama menuju S/4HANA. SAP telah menambahkan lebih banyak modul dan fungsionalitas untuk rilis berikutnya, seperti:

  • S/4HANA 1511 – dirilis November 2015 – yang memperkenalkan modul logistik yang disebut Materials Management and Operations (MMO).
  • S/4HANA 1610 – dirilis pada Oktober 2016 – yang termasuk modul untuk manajemen rantai pasokan (Supply Chain Management), termasuk Advanced Available-to-Promise (aATP); Inventory Management (IM); Material Requirements Planning (MRP); Extended Warehouse Management (EWM); dan Environment, Health and Safety (EHS).

Pada Januari 2018, SAP mengumumkan S/4HANA HCM, alternatif aplikasi on-premise Human Capital Management (HCM) untuk SAP SuccessFactors, aplikasi HCM SaaS perusahaan. SAP menggambarkan S/4HANA HCM sebagai aplikasi pendamping yang berjalan berdampingan atau terintegrasi dengan S/4HANA, tetapi bukan merupakan modul yang disertakan. S/4HANA HCM akan tersedia pada 2023 dan akan didukung setidaknya 2030, menurut SAP.

sap s4hana

SAP S / 4HANA Cloud

Pada bulan Maret 2017, SAP merilis S/4HANA Cloud, versi berbasis cloud dari S / 4HANA. S/4HANA Cloud paling cocok untuk organisasi dengan 1.500 karyawan atau lebih yang mungkin ingin menjalankan sistem ERP dua tingkat, di mana entitas perusahaan menjalankan rangkaian bisnis lengkap seperti SAP ERP Central Component atau S/4HANA on-premise dan mengimplementasikan S/4HANA Cloud di tingkat divisi atau anak perusahaan.

S/4 HANA Cloud mencakup teknologi generasi baru seperti machine learning melalui alat yang disebut SAP Clea, dan bot conversational digital assistant yang disebut CoPilot.

S/4HANA Cloud adalah aplikasi SaaS dengan edisi baru yang dirilis setiap kuartal. Adapun penamaan mengikuti model lokal tahun dan bulan rilis, sehingga SAP S/4HANA Cloud 1709 dirilis pada September 2017.

SAP S/4HANA analitik tertanam

S/4HANA mencakup analitik tertanam yang memungkinkan pengguna untuk melakukan analitik secara real-time pada data transaksional langsung. Ini dilakukan melalui Model Data Virtual, model prebuilt, dan laporan berdasarkan Layanan Data Inti SAP HANA yang menganalisis data operasional HANA tanpa memerlukan data warehouse. Fungsi analitik dilengkapi dengan perangkat lunak S/4HANA dan tidak memerlukan instalasi atau lisensi terpisah.

SAP S / 4HANA Cloud

SAP S/4HANA Cloud adalah versi SaaS dari SAP S/4HANA ERP, serangkaian aplikasi bisnis terintegrasi. SAP S/4HANA Cloud diluncurkan pada Februari 2017. Menurut SAP, tujuannya adalah untuk menyediakan sistem “Next Generation Intelligent ERP” yang memungkinkan perusahaan untuk mencapai transformasi digital. SAP S/4HANA Cloud dibangun di atas SAP HANA dan memanfaatkan pemrosesan dalam memori HANA dan aksesibilitas data secara real-time, tetapi membuatnya tersedia dalam model SaaS.

Penerapan SaaS berarti pengguna dapat mengakses semua fungsionalitas S/4HANA tanpa melakukan sumber daya ke perangkat keras, database, atau staf IT. S/4HANA Cloud mencakup teknologi yang dapat membantu membawa “kecerdasan” ke dalam aplikasi ERP, termasuk machine learning, virtual dan augmented reality, blockchain, dan teknologi yang mendukung suara. Fungsi Cloud S/4HANA Utama meliputi keuangan, pengadaan, penjualan, layanan profesional, dan manufaktur.

Tiga pilar ERP cerdas SAP S/4HANA Cloud

SAP S/4HANA Cloud mencakup tiga teknologi yang membentuk fondasi intelligent ERP, menurut SAP:

  • Digital Assistant. SAP S/4HANA Cloud menggunakan SAP CoPilot , asisten digital percakapan (atau asisten virtual) untuk perusahaan yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi dan fungsi ERP. SAP CoPilot menggunakan data kontekstual tentang pengguna dan tugas yang mereka lakukan untuk memberikan informasi yang relevan dengan tugas tersebut.
  • Machine Learning. SAP S/4HANA Cloud mencakup teknologi yang mengotomatiskan tindakan atau tugas yang diulangi, yang dapat berulang dan rentan kesalahan saat dilakukan secara manual, dan mempelajari cara melakukannya dengan lebih efisien.
  • Predictive Analytics. SAP S/4HANA Cloud telah menyertakan analitik yang dapat membantu memprediksi hasil tindakan. Alat analisis dapat dikonfigurasi untuk kebutuhan pengguna dan dapat dikembangkan ke dalam aplikasi, seperti aplikasi inventory management yang dapat memprediksi kapan stok akan tiba atau aplikasi sales quotation yang memungkinkan manajer penjualan untuk menentukan probabilitas konversi kuota penjualan.

Menerapkan, mengonfigurasi, dan menjalankan SAP S/4HANA Cloud

SAP S/4HANA Cloud tersedia sebagai SaaS dengan berbagai opsi berlangganan dari SAP, yang memiliki dan mengoperasikan platform. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi waktu implementasi, biaya dan risiko. SAP menangani semua manajemen back-end, termasuk peningkatan, keamanan dan tata kelola. Semua pengguna umumnya perlu lakukan adalah mengintegrasikan data mereka, kemudian nyalakan proses yang mereka butuhkan dan matikan yang tidak mereka butuhkan.

SAP S/4HANA Versi cloud dijadwalkan untuk diperbarui setiap kuartal, menurut SAP. Pengguna mengakses SAP S/4HANA Cloud dari browser web, dan semua aplikasi bisnis diluncurkan dari SAP Fiori Launchpad. Untuk mengaksesnya, pengguna hanya perlu koneksi internet, URL dan hak akses.

Manfaat SAP S/4HANA Cloud

SAP mengidentifikasi lima cara yang dapat dimanfaatkan perusahaan dari penerapan S/4HANA Cloud, termasuk ROI yang lebih cepat, peningkatan business agility, total biaya kepemilikan yang lebih rendah, tata kelola yang lebih baik, dan ERP yang lebih cerdas yang meningkatkan efisiensi.

Sebagai rangkaian next generation cloud ERP business suite, S/4HANA Cloud mempersiapkan bisnis untuk masa depan digital. Hal ini diharapkan dapat mengintegrasikan proses bisnis, dapat mengubah data real-time menjadi tindakan dan dapat meningkatkan produktivitas karyawan, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengubah proses bisnis yang ada dan mengembangkan hal baru.

Datacomm Cloud Business sebagai penyedia layanan infrastruktur SAP HANA, berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk membantu anda melakukan migrasi menuju SAP S/4 HANA. Bagi anda yang ingin mengetahui solusi SAP on Datacomm Cloud, bisa akses di tautan berikut ini : SAP on Datacomm Cloud

Atau bisa hubungi kami via email cloudciti@datacomm.co.id

Sumber : The long march of S/4 Hana, Margaret Rouse, guest contributor, ComputerWeekly.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*