Menggunakan Layanan Cloud Backup Sebagai Kunci Kelangsungan Proses Bisnis

backup_01

Kelangsungan proses bisnis dalam suatu perusahaan sangat menentukan performa dari perusahaan tersebut. Perencanaan terkait dengan pengimplementasian aplikasi berbasis TI sudah disusun sedemikian rupa sehingga diharapkan akan berjalan dengan baik dalam kondisi normal. Namun terdapat hal – hal yang sangat penting yang sering terlewatkan oleh perusahaan, yaitu tidak selamanya perusahaan akan berada dalam keadaan normal. Terdapat kemungkinan terjadinya gangguan dan bencana, baik yang berasal dari alam, manusia, maupun teknologi yang akan menyerang perusahaan tersebut. Hal ini mengakibatkan aktivitas didalam perusahaan akan terhenti sesaat, beberapa saat atau bahkan lumpuh, yang tentu saja akan berdampak negatif, baik dari segi finansial maupun non finansial terhadap perusahaan. Antisipasi dapat dilakukan dengan membuat suatu kebijakan pembuatan salinan data (backup) yang akan digunakan untuk mengembalikan data perusahaan seperti semula apabila terjadi gangguan atau bencana, sehingga kelangsungan proses bisnis suatu perusahaan tetap terjamin setelah terjadinya gangguan atau bencana.

offsite-cloud-backup

Gambar 1: Statistik Bencana Indonesia 2015 (www.bpnb.go.id)

Proses backup dalam teknologi informasi adalah pembuatan salinan data cadangan, sehingga salinan data cadangan  tersebut dapat digunakan kembali sewaktu –waktu setelah peristiwa kehilangan atau kerusakan data (Tawar & Wahyuningsih, 2011). Backup di rancang untuk melindungi proses bisnis vital dari kerusakan atau bencana yang terjadi secara alamiah atau perbuatan manusia. Backup merupakan strategi yang dijalankan untuk meminimalisir akibat dari gangguan dan mengupayakan berjalannya kembali proses bisnis suatu perusahaan, sehingga dengan adanya backup menjamin bahwa perusahaan dapat mengembalikan sistem TI dan proses bisnis, dengan begitu tenaga kerja didalam perusahaan dapat kembali bekerja, melayani pelanggan, mengumpulkan pendapatan, dan perusahaan dapat terus beroperasi.

Tujuan backup adalah untuk mengurangi resiko kerugian keuangan dan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam proses pemulihan sesegera mungkin dari suatu peristiwa yang mengganggu, baik pengembalian karena data rusak dan hilang ataupun pengembalian data kepada titik tertentu dimasa lalu, sehingga dibutuhkan teknologi yang memadai dan media penyimpanan cadangan yang relatif besar tergantung dari banyaknya data perusahaan.

Mengingat pentingnya menerapkan backup dalam perusahaan, maka tahap awal dan paling sederhana yang dapat dilakukan untuk menerapkan backup pada perusahaan adalah dengan menyiapkan cadangan sekaligus sebagai proteksi terhadap data – data penting perusahaan, sehingga bisnis perusahaan tetap dapat berjalan apabila terjadi gangguan atau bencana. Saat ini, hal yang menjadi perhatian khusus bagi banyak perusahaan tidak menyiapkan cadangan terhadap data – data pentingnya adalah karena investasi untuk teknologi dan sistem pencadangan data yang aman tidaklah murah karena selain harus investasi teknologi perusahaan juga harus berinvstasi pada SDM yang mengerti tentang solusi backup. Selain itu, konsentrasi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya jadi terbagi terhadap hal – hal yang bersifat non-strategic. Mengalihkan hal – hal yang bersifat non-strategic seperti pencadangan data kepada pihak ketiga adalah sebuah solusi yang paling efektif dan efesien supaya perusahaan dapat fokus menjalankan bisnis utamanya. Tentunya pihak ketiga yang dipilih adalah perusahaan yang kredibel dan berpengalaman untuk menjaga data sensitif perusahaan tetap aman dan dalam jangkauan ataupun lokal menjadi nilai plus tersendiri.

Salah satu perusahaan pihak ketiga yang dapat dijadikan referensi untuk menangani solusi backup adalah Datacomm cloud business dengan salah satu produknya Cloudciti Backup as a Service menawarkan safe, secure & scalable offsite backup & disaster recovery untuk semua data, kapan saja dan dimana saja! Dengan didukung oleh infrastruktur data center  berstandar Tier-III  dan  tunduk pada SSAE 16, menjadikan Datacomm cloud business sebagai perusahaan yang harus dijadikan prioritas utama untuk menjawab solusi offsite cloud backup pada perusahaan anda. Lebih lengkapnya tentang Datacomm cloud business dapat mengunjungi https://cloud.datacomm.co.id/ J

  • 6
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*