Migrasi SAP ECC ke S/4HANA (SAP Hana)

Migrasi SAP Hana

Adanya keputusan SAP untuk mengakhiri dukungan terhadap SAP ERP Central Component (ECC) pada akhir tahun 2025, membuat para pengguna SAP harus bergerak cepat untuk melakukan migrasi sistem mereka ke S/4Hana (SAP Hana).

Untuk membantu CIO dan para pengguna SAP dalam melakukan migrasi sistem SAP, berikut adalah lima poin penting untuk dipahami dan dipertimbangkan sebelum melakukan migrasi SAP ECC ke S/4HANA:

1. Kesiapan untuk bermigrasi ke S/4HANA

Berdasarkan survei tahun 2019 oleh Americas ‘SAP Users’ Group (ASUG), menjelaskan bahwa sekitar 56% responden masih belum memiliki rencana untuk melakukan migrasi ke S/4Hana, bahkan 12% responden tidak tertarik untuk melakukan migrasi. Pada kesempatan yang sama, para pengguna SAP mengungkapkan alasan mengapa mereka tidak melakukan migrasi adalah prioritas implementasi sistem lainnya yang dianggap lebih penting, kurangnya sumber daya dan teknologi yang dimiliki, serta kurang mampunya staf yang dimiliki. Namun, pihak SAP tetap memutuskan seluurh pengguna ECC agar melakukan migrasi ke S/4HANA pada akhir 2025 mendatang.

 2. ECC end-of-support

SAP bersama dengan para mitranya terus mendorong para pengguna SAP agar bermigrasi dari ECC sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan. SAP memberikan alternatif lain apabila para penggunanya masih belum siap untuk melakukan migrasi, agar menggunakan solusi lain seperti C/4HANA, Concur, Success Factors atau Ariba, kata Len Riley, commercial advisory practice leader di UpperEdge.

3. Business Case sangat penting untuk pindah ke S/4HANA

Sebelum melakukan migrasi ke S/4Hana, pengguna SAP dituntut untuk benar-benar memahami kebutuhan teknis untuk menjalankan sistem SAP dan pembuatan bvsiness case terlebih dahulu. Pengguna SAP dapat menentukan untuk menjalankan sistem mereka di atas cloud ataupun server milik mereka masing-masing, tentu dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebenarnya ECC sendiri telah mengembangkan modul untuk beragam industri dan berbagai fungsionalitas, akan tetapi para SAP Leader menganggap kemampuan tersebut belum mampu untuk mengolah data dalam jumlah besar dan real-time.  Hal itulah mengapa SAP meluncurkan S/4Hana untuk melakukan pengolahan data besar dan memiliki kompleksitas yang tinggi.

4. Penerapan ”Intelligent Enterprise

SAP S/4Hana dirancang untuk dapat menjawab kebutuhan mengenai intelligent enterprise dengan berfokus pada pengolahan informasi secara detail yang mendekati real time. Untuk mendapatkan intelligent enterprise yang komplet, pengguna SAP disarankan untuk menggunakan platform pelengkap untuk membantu pengambilan data secara otomatis seperti sensor IOT, yang dapat digunakan untuk analitik, artificial intelligence, dan machine learning. S/4Hana mampu menyajikan itu semua dalam tampilan antar-muka yang mudah untuk dilakukan navigasi.

Datacomm Cloud Business telah teruji dalam menjalankan sistem SAP S/4Hana dengan infrastruktur yang telah tersertifikasi oleh SAP dan memiliki beragam sertifikasi internasional lainnya.  Untuk mengetahui layanan SAP On Cloud Dari Datacomm bisa diakses via link berikut ini.

 

Refference : Diann Daniel, TechTarget. Published : 31 January 2020