Seminar Open Data & Data Integration Challenge

swiss german university

Datacomm Cloud Business bekerjasama dengan Swiss-German University (SGU) mengadakan event Bersama dengan tajuk “Seminar Open Data & Data Integration Challenge”. Acara ini digelar di Mercure Hotel, Gatot Subroto Jakarta, pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019.

Pendaftaran dimulai pada pukul 09.00 pagi, para peserta yang sudah melakukan registrasi secara online dari beberapa minggu kebelakang mulai berdatangan dan registrasi ulang di meja panitia, sambil menikmati coffee break.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya Bersama-sama, kemudian MC membacakan profil narasumber satu persatu.

Hadir sebagai pembicara, Bapak Riki Arif Gunawan, Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika – Kementerian Komunikasi dan Informatika yang membawakan topik mengenai “Personal Data protection Regulation and Update”

Bapak Tata Martadinata dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang kali ini membawakan materi “Opportunities and Challenge in Payment Network Gateway in Indonesia”

sgu  sgu

data protection  data protection

Dan Bapak Sutedjo Tjahjadi, Managing Director dari Datacomm Cloud Business yang mempresentasikan “Digital Certificate Electronic Credentials”. Yang membahas mengenai pentingnya digital Identity untuk keamanan data dan perkenalan Datacomm Cloud Business.

Seminar ini dihelat untuk menginformasikan kepada public mengenai pentingnya Integrasi Data. Integrasi Data adalah salah satu penggerak utama dari transformasi digital. Sebagian besar perusahaan mengalami kesulitan untuk melakukan proses integrasi sejumlah besar data dengan berbagai bentuk dan standar data, hal tersebut  sering kali menjadi penghalang utama untuk mencapai transformasi digital yang sukses.

“Satu Data Indonesia” yang muncul baru-baru ini bertujuan untuk menginformasikan value dari data publik dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sebagai bagian dari semakin pentingnya data sebagai aset ekonomi.

sgu  sgu

“Data science” dan komputasi awan pada dasarnya berjalan beriringan, karena analisa dan penyimpanan adalah dua tantangan penting bagi organisasi besar maupun kecil untuk tumbuh. Pertumbuhan data yang eksponensial merupakan tantangan utama bagi infrastruktur internal perusahaan. Untuk fleksibilitas maksimum, perusahaan memerlukan platform yang sesuai dengan tuntutan bisnis.

Memahami potensi dan tantangan di atas sangat penting untuk bisnis, publik, dan pelajar untuk melakukan inisiatif yang diperlukan untuk membuka value dari suatu data.

Berikut materi presentasi dari bapak Sutedjo Tjahjadi

One Comment

    Iwan Setiawan

    Good presentation pak Tedja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*