Cloud Migration Framework – Panduan Praktis Untuk Melangkah Masuk di Dunia Komputasi Awan

komputasi awan

Saya bekerja sama dengan para customer setiap hari dan berdiskusi mengenai tren, adopsi, dan arah dari komputasi awan. Dari waktu ke waktu, jawabannya selalu positif dan mereka semakin bersemangat mengenai potensi dari komputasi awan. Berdasarkan hal tersebut saya bisa menyimpulkan bahwa industri semakin aware dengan teknologi komputasi awan, dan hanya masalah waktu saja sebelum hal ini menjadi teknologi utama. IT dengan basis infrasturktur on premis semakin lama harus memberikan jalan kepada komputasi awan. Namun, kendala terbesar dalam memulai teknologi komputasi awan adalah menemukan titik awal.

Komputasi awan bisa jadi membingungkan dan menakutkan bagi sebagian besar customer karena slogan dan faktor teknis yang akan mengubah teknologi yang ada sekarang. Oleh sebab itu, agar tim IT bisa lebih efektif dalam memahami dunia komputasi awan, saya memutuskan membuat sebuah framework untuk menolong mereka.

Framework ini menitikberatkan pada 6 komponen utama yang saya percaya akan menjadi panduan praktis bagi tim IT untuk memulai melakukan migrasi menuju komputasi awan :

1.) Penyelarasan – Membangun pemahaman yang benar untuk memindahkan platform ke komputasi awan

2.) Menemukan Alasan Yang Tepat – Menilai situasi sekarang : Sumber daya manusia, Infrastruktur, Lisensi & Permasalahan utama IT

3.) Quick Win – Mengidentifikasi Aplikasi IT yang penting namun tidak strategis juga memerlukan sumber daya manusia yang intensif

4.) Mengidentifikasi keunggulan kompetitif dan diferensiasi bisnis dengan mengembangkan komputasi awan

5.) Memahami tantangan & resiko ketika pindah ke komputasi awan

6.) Mengembangkan Rencana Migrasi

Presentasi lengkap mengenai “Cloud Migration Framework” bisa anda temukan disini

 

Kunjungi Datacomm Cloud Business untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Komputasi Awan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*