Pengertian Infrastructure as a Service (Iaas)

IaaS

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Saat ini terdapat 3 tipe umum layanan cloud computing, antara lain; IaaS atauInfrastructure as a Service, kemudian ada Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). Untuk artikel kali ini akan dibahas lebih tentang Insfractuture as a Service atau IaaS.

Pengertian IaaS

IaaS atau Infrastructure as a Service, menurut bahasa indonesia adalah sebuah layanan INFRASTRUKTUR komputasi awan. Dalam arti lainnya IaaS adalah layanan komputasi awan yang umumnya berupa satu paket perangkat hardware komputer yang berupa “virtualisasi”, bersama dengan jaringan internet, bandwitch, dukungan alamat IP, keseimbangan beban, jaminan online secara realtime (terus menerus koneksi ke internet) dan keamanan dalam “ruang lingkup” satu unit layanan IaaS.

Vendor atau provider menyediakan layanan IaaS biasanya terdiri dari berbagai spesifikasi, baik itu CPU, RAM dan Data Storage (biasanya SSD -bukan HDD-) dalam bentuk virtualisasi.

Keuntungan Menggunakan layanan IaaS?

eCommerce

Jika channel pelanggan online dan mobile Anda merupakan komponen kunci keberhasilan bisnis Anda, maka Anda memahami betapa pentingnya untuk memiliki kinerja yang cepat dan dapat diandalkan ketika mereka datang ke website dan toko online anda. Dan jika ada sesuatu yang salah dan ada layanan mati – Website anda harus segera kembali berjalan segera atau dampak dari kehilangan pendapatan dan pelanggan, serta penurunan citra merek dagang Anda dapat sangat merugikan. sangat di perlukan kinerja tinggi, handal, dan solusi eCommerce aman yang dapat menangani beban kerja yang tidak dapat diprediksi.

Keamanan dan perlindungan data Cloudciti termasuk kedalam layanan cloud anda, untuk membantu melindungi transaksi data dan pelangan yang sensitif dengan protokol keamanan terbaru dan teknologi threat prevention. Hal ini dapat membantu Anda memenuhi berbagai standar dan regulasi keamanan data.

Solusi Cloudciti IaaS eCommerce yang dedicated ataupun managed memungkinkan internet retailer untuk lebih fokus pada bisnis inti mereka dan men-drive pertumbuhan pada jalur perdagangan online dan mobile, daripada menghabiskan waktu pada pengelolaan infrastruktur IT mereka.

Hosting Aplikasi

Hapus biaya investasi dan pemeliharaan infrastruktur yang tinggi, terutama dengan ketidakpastian kebutuhan pelanggan. Ambil keuntungan dari model Software-as-a-Service (SaaS) dan konsumsi resource yang diperlukan, scaling otomatis untuk memenuhi lonjakan permintaan dengan Cloudciti

Enterprise IT

Bawa strategi cloud Anda ke tingkat berikutnya dengan layanan cloud yang aman, handal dan scalable. Layanan cloud kami yang fleksibel dan kuat sangat ideal untuk berbagai skenario kebutuhan enterprise, mulai dari menjalankan aplikasi bisnis hingga pengembangan dan pengujian dan segala sesuatu di-antaranya, contohnya; Aplikasi Bisnis, Enterprise Workload, Dev & Test, Aplikasi Cloud Computing, Online Hosting.

Data Analytics

Cloud kami dirancang untuk manipulasi data. Layanan managed dan unmanaged kami memungkinkan organisasi-organisasi untuk mewujudkan wawasan penting yang mendorong nilai dari data Anda.

Karena Internet Of Things (IOT) menjadi lebih dan lebih umum di kehidupan sehari-hari konsumen , maka keamanan, keandalan dan seberapa baik suatu organisasi akan memperoleh nilai dari banyaknya sensor data akan menjadi sebuah kriteria pembeda. Vendor IOT akan perlu memastikan mereka bermitra dengan yang partner memiliki platform yang dapat mendukung infrastruktir dengan ketersediaan tinggi (HA) dan penyimpanan data yang aman untuk keperluan pengumpulan dan pengolahan data dalam jumlah besar dan sering berubah.

Sensor yang menghidupi IoT akan menjadi pembeda yang kurang begitu signifikan untuk vendor. Nilai akan diperoleh dengan mampu tidaknya partner dalam membangun analisis yang berguna dari data yang ada. Dari perspektif analisis IoT, organisasi perlu mempertimbangkan bagaimana mengoptimalkan data dalam jumlah besar yang datang dari sensor. Big Data dan penyedia layanan awan seperti kami bersama dengan Cloudera adalah jawabannya. Namun, Big Data sendiri tidak merupakan suatu Strategi IOT. Kita harus mempertimbangkan komputasi, penyimpanan, keamanan dan ketersediaan.

Development & Test

Deploy lah dimana pengguna Anda berada. Dengan data center di Indonesia, APAC, AS, Canada, Inggris, dan Eropa, pengembang dapat membuat lingkungan cloud baru di lokal terbaik untuk setiap aplikasi. Selain itu, Anda dapat lebih mudah mematuhi peraturan ketersediaan data lokal. Dan dengan Direct Connect, pengembang memiliki koneksi jaringan yang didedikasikan untuk data center kami melewati Internet. Hal ini membuat test & development aplikasi internal lebih mudah.

Kesimpulannya, IaaS adalah sebuah layanan cloud computing  berupa infrastruktur yang terdiri dari hardware virtual, bandwitch, konektivitas internet realtime, dukungan IP Adrress dan keamanan sistem operasi dalam ruang lingkup IaaS. IaaS sangat penting dan mendasar untuk menggunakan teknologi cloud, di butuhkan penyedia layanan IaaS yang terpercaya dan handal seperti  CLoudciti – Enterprise Insfrastructure as a Service (IaaS).

Cloudciti Iaas

 

source :
wikipedia.co.id
iman.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*