Pentingnya SOC dan tantangan dalam membangun SOC

SRM_sentriciti

Jaringan informasi sebagai infrastruktur jalur pertukaran informasi digital telah berkembang sedemikian pesatnya. Perkembangan ini sayangnya juga diikuti oleh pertambahan jumlah ancaman terhadap keamanan jaringan tersebut.  Aktivitas-aktivitas digital illegal yang dikenal antara lain dalam bentuk serangan hacking, malware dalam bentuk virus, spyware, trojan dan lain sebagainya terus tumbuh. Selain bertumbuh dalam jumlah dan jenis, ancaman digital juga bertumbuh di sisi kualitas dan kompleksitas. Perkembangan sedemikian signifikan dari ancaman ini mengharuskan pemilik jaringan untuk dapat mulai memperhatikan metode-metode pengamanan jaringan mereka.

Mengacu dari fakta tersebut, diperlukan solusi keamanan yang efektif dan relevan. Untuk dapat mencapai keamanan jaringan yang optimal maka diperlukan visibilitas terhadap kemungkinan serangan di segala aspek jaringan. Hal ini dapat dipenuhi oleh SOC (Security Operation Center) yang dapat melakukan korelasi antara informasi yang dikumpulkan dari berbagai solusi keamanan jaringan yang ada dan melakukan analisa terhadap incident security yang sedang terjadi.

Ada tiga komponen inti yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah SOC, yaitu people, process dan technology. Ketiga komponen tersebut perlu saling mendukung dan terintegrasi, guna membangun SOC yang efektif dan optimal. Tentunya tidak mudah untuk membangun ketiga komponen tersebut, banyak tantangan yang perlu dihadapi.

Komponen inti dalama membangun SOC (Security Operation Center)

Dari segi people,

tantangannya adalah ketersediaan security profesional yang masih sedikit, effort yang besar untuk merekrut, melatih, dan maintain tenaga ahli SOC, hingga tenaga ahli tersebut memiliki skill dan experience yang cukup untuk memonitor, menganalisa dan memberikan rekomendasi terhadap jaringan terkait dengan incident security yang akan dan sedang terjadi.

Dari segi process,

tingkat kompleksitas dalam membangun dan menerapkan prosedur, bagaimana cara meningkatkan supaya proses tersebut dapat efektif, waktu dan uang untuk merekrut tenaga ahli untuk membangun proses SOC, dan belum tentu proses tersebut dapat berjalan dengan baik dan tepat.

Dari segi technology,

tantangan yang akan dihadapi adalah kompleksitas infrastuktur, dimana untuk membangunnya akan memerlukan waktu yang lama, modal yang besar, dan sarana yang mendukung.

Dari berbagai macam tantangan untuk membangun sebuah SOC, membuat banyak perusahaan yang sudah sadar akan pentingnya SOC, bertanya – tanya, apakah ada service provider yang menyediakan layanan SOC, tanpa membangunnya dari awal ?

Jawabannya ada. Salah satu produk Sentriciti dari datacomm, yaitu Security Remote Monitoring (SRM) memberikan layanan SOC. SRM sudah didukung oleh people, process, dan technology yang saling berkolaborasi dalam memberikan layanan SOC.

Anton Dwi Suhartanto, Product Specialist PT Datacomm Diangraha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*