Seminar Accelerating Business Using Microservices Architecture in Digital Age

microservices

Arsitektur Microservices sedang menjadi tren di kalangan penggiat IT belakangan ini. Dengan berbagai benefit yang ditawarkannya, microservices mau tidak mau menjadi pembicaraan dan solusi dari berbagai masalah yang terjadi pada arsitektur Monolithic. Dengan pertimbangan tersebut, Datacomm Cloud Business (DCB) menggandeng Intel dengan mengadakan seminar dengan tajuk “Accelerating Business Using Microservices Architecture in Digital Age” Yang dihelat di Mercure Hotel Gatot Subroto Jakarta pada hari Kamis, 18 Juli 2019.

Para narasumber ahli yang hadir diantaranya adalah  Fransiskus Leonardus, Lead Country Enterprise Account dari Intel Indonesia, Nicky Choo, Senior Business Transformation Executive IBM Asia Pacific, Kaijun Xu, Principle Cloud Architect- APAC, Zerto, dan Dalton Tan, Channel Director – Asia Pacific, Menlo Security. Hadir juga Soleiman Pello, dari Metamorfosi selaku partner dari Zyllem.

kubernetes  microservices

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 pagi ini, berlangsung dengan meriah. Tercatat 235 peserta yang mendaftar untuk mengikuti seminar ini, peserta yang hadir datang dari berbagai industry dan latar belakang yang bervariasi. Setelah dibuka oleh MC, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Managing Director Datacomm Cloud Business, Bapak Sutedjo Tjahjadi disambung oleh pemateri pertama yaitu Nicky Choo dari IBM membawakan materi “Traditional to Modern Apps”. Dalam pemaparannya Nicky Choo menjelaskan bahwa multicloud merupakan enabler dari modernisasi yang pada akhirnya akan mengakselerasi transformasi bisnis. Mengapa harus dilakukan modernisasi Aplikasi ? salah satu alasannya adalah akan meningkatkan efisiensi dan standarisasi Operasional, meningkatkan produktiviatas developer dan mengakselerasi transformasi digital.

microservices  intel

microservices  microservices

Sesi kedua diisi oleh pemateri dari Intel, Bapak Fransiskus Leonardus yang membawakan “Cloud Infrasturcture for Next-Gen Services” yang menitikberatkan pada Container as a Service. Dalam pemaparannya, dijelaskan perbedaan dari Monolithic dan Microservices dan contohnya. Berangkat dari perbedaan itulah, dijelaskan mengapa microservices menjadi pilihan yang digandrungi belakangan ini, diantaranya “independently deployable, independently scalable, independently manageable, dan highly available”. Dijelaskan pula bagaimana membangun infrastruktur dari container yang diperlukan.

zerto  microservices

Setelah jeda coffee break, acara dilanjutkan dengan materi ketiga “IT Resilience” dari Zerto yang dibawakan oleh Kaijun Xu. Pemaparan dimulai dengan bagaimana transformasi digital memberikan pengaruh besar terhadap semua industri yang ada, ditandai dengan evolusi masyarakat, proses dan teknologi, serta hadirnya pasar baru, competitor baru, dan model bisnis yang baru, yang melahirkan ekspektasi baru dari customer. Dijelaskan pula tantangan-tantangan yang terjadi dalam transformasi IT, seperti makin tingginya kompleksitas IT dan perkembangan data yang besar. Dijelaskan pula bagaimana solusinya dengan transformasi melalui IT Resilience yang memberikan kemampuan untuk mengakselerasi transformasi dengan beradaptasi dengan perubahan tanpa mengganggu jalanya bisnis.

Bapak Siauw Nam Khong menjadi pemateri selanjutnya membawakan materi Datacomm Container as a Service berisi solusi yang ditawarkan oleh Datacomm dalam memenuhi ekspektasi customer mengenai microservices.

menlo security  zyllem

Setelah lunch acara masih lanjut dengan materi yang tidak kalah menarik Dalton Tan dari Menlo Security yang membawakan tema “Web Isolation Service”. Dalam pemaparannya Dalton menjelaskan bahwa Network Isolation telah merubah paradigma mengenai keamanan dengan “zero trust internet” dimana teknologi ini mampu mengeliminasi Phising dan Credential Theft.

Pemateri terakhir adalah dari Metamorfosi sebagai partner dari Zyllem yaitu Soleiman Pello yang mempresentasikan materi “Logistic Management”

microservices  integrasia

egeroo  infoconnect

Seminar kali ini dimeriahkan juga dengan partisipasi dari beberapa partner yang mengisi booth table di lokasi acara, diantaranya adalah Egeroo, Infoconnect, dan Integrasia

Microservices dapat meng-optimalisasi infrastruktur IT perusahaan anda dan juga meningkatkan kinerja pada programer serta sistem administrator. Dengan sistem kontainer, seluruh pekerjaan pebuatan aplikasi, modul, monitoring, serta manajemen infrastruktur dapat lebih cepat, efisien dan lebih aman.

Informasi lengkap mengenai seminar ini bisa diakses di tautan berikut : https://cloud.datacomm.co.id/seminar/microservices2019

Berikut adalah materi dari para pemateri seminar :

Fransiskus Leonardus – Intel

 Nicky Choo – IBM

 Soleiman Pello – Metamorfosi

 Kaijun Xu – Zerto

 Siauw Nam Khong – Datacomm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*